Sir_Tim_Berners-Lee

World Wide Web merevolusi kehidupan seperti yang kita kenal sekarang, tapi bisakah Web 3.0 melangkah lebih jauh?

Sekitar tiga puluh tahun Slot777 yang lalu, Sir Tim Berners-Lee merevolusi kehidupan yang kita kenal sekarang dengan mengubah cara kita berkomunikasi dan mengonsumsi informasi.

Pada tanggal 12 Maret 1989, ilmuwan komputer kelahiran London ini mengajukan proposal untuk sistem manajemen informasi untuk membantu rekan-rekannya di CERN berbagi informasi di antara mereka sendiri.

Terkesan dengan usulan tersebut, atasan Sir Tim memberinya waktu untuk mengerjakan ide tersebut dan pada tahun 1991 World Wide Web mulai beroperasi.

Saat ini, terdapat hampir dua miliar situs web online dan sulit membayangkan hidup tanpa web . Ini semua berkat kejeniusan Sir Tim.

Saat ini, Anda akan sering menemukannya dalam misi menyelamatkan world wide web dari kekuatan teknologi baru dan penciptanya.

Berbicara pada konferensi Web Summit di Lisbon tahun lalu, dia berkata: “Beberapa orang mengira bahwa orang-orang teknologi akan menyelamatkan dunia pada saat itu. Sekarang, kita berada dalam situasi di mana ada banyak hal yang salah dengan Web.”

Solusinya adalah “koreksi di tengah jalan untuk mengembalikannya,” yang dia sebut sebagai Web 3.0.

Selain itu, Sir Tim telah berbicara tentang bahaya cryptocurrency, menyebutnya sebagai bentuk perjudian yang “disukai orang-orang”.

“Itu hanya spekulatif. Jelas sekali, itu sangat berbahaya,” katanya kepada podcast Beyond The Valley CNBC.

“Berinvestasi pada hal-hal tertentu yang murni spekulatif bukanlah hal yang ingin saya habiskan.”

Sir Tim juga akan menjadi salah satu pembicara yang menjelaskan “Bagaimana Teknologi Web 3.0 dan Kebijakan Data Bergabung untuk Mempromosikan Kedaulatan Data, Privasi, dan Kepercayaan” . Acara ini akan diselenggarakan oleh Data Science Institute di London School of Economics and Political Science pada Kamis, 25 Mei.

Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang Sir Tim Berners-Lee.

Siapakah Sir Tim Berners-Lee?

Lahir di London pada tanggal 8 Juni 1955, orang tua Sir Tim bekerja pada Ferranti Mark 1, komputer komersial pertama di dunia, dan dia melanjutkan studi fisika di Universitas Oxford antara tahun 1973 dan 1976.

Setelah bekerja untuk perusahaan di Dorset, pada tahun 1980 ia mendapatkan pekerjaan sebagai kontraktor independen di CERN di Jenewa, di mana ia pertama kali mengusulkan proyek berdasarkan konsep hypertext.

Dia kembali ke Dorset pada akhir tahun 1980 sebelum bergabung kembali dengan CERN sebagai rekan pada tahun 1984.

Di CERN, pada tahun 1989, ia pertama kali mengusulkan “ide besarnya” untuk menciptakan bahasa umum yang akan membuka hyperlink antara berbagai jaringan dan pada awal tahun 1990-an telah menciptakan World Wide Web.

Dia mendirikan Konsorsium World Wide Web pada tahun 1994 dan Sir Tim memutuskan untuk membuat Web tersedia secara gratis.

Sejak penciptaannya yang bersejarah, Sir Tim bekerja sama dengan Pemerintah untuk membuat data lebih mudah diakses dan terbuka, dan juga meluncurkan World Wide Web Foundation pada tahun 2009.

Sir Tim juga ikut mendirikan Open Data Institute, bekerja sama dengan Alliance for Affordable Internet untuk membuat lebih banyak orang di seluruh dunia online dan merupakan pemimpin proyek untuk proyek desentralisasi web Solid.

Kapan Tim Berners-Lee menemukan World Wide Web?

Usulan awalnya, untuk menciptakan sistem yang memungkinkan rekan-rekan CERN berbagi informasi, diajukan pada tahun 1989 setelah ia dilaporkan merasa frustrasi karena harus masuk ke komputer yang berbeda untuk mendapatkan akses terhadap informasi.

Butuh beberapa tahun lagi pengerjaan proyek ini sebelum slot 777 halaman pertama ditayangkan secara online, tetapi pada akhir tahun 1991, info.cern.ch diluncurkan.

Perangkat lunak World Wide Web dimasukkan ke dalam domain publik pada tahun 1993 dan kemudian tersedia dengan lisensi terbuka, sehingga gratis untuk semua orang.

Berapa nilai Tim Berners-Lee?

Laporan tentang kekayaan Sir Tim sangat bervariasi, tetapi dapat dikatakan bahwa dia tidak miskin.The Wealth Record memiliki kekayaan bersih sebesar $60 juta – atau lebih dari £45,5 juta.

Menurut The Richest, kekayaan pribadinya bernilai $50 juta sementara Celebrity Net Worth memperkirakan kekayaannya $10 juta.

Bagaimana perasaan Sir Tim tentang World Wide Web sekarang?

Sir Tim adalah pendukung vokal konsep netralitas internet dan Internet gratis. Dia sebelumnya mengatakan kepada Standard bahwa dia merasa konsep internet gratis terancam oleh perusahaan-perusahaan besar.

“Saya dulu mengatakan bahwa pemerintahlah yang mengendalikan Internet, di negara-negara seperti Tiongkok, atau perusahaan-perusahaan besar yang mengendalikan Internet, di negara-negara seperti Amerika,” katanya saat itu.

“Sebenarnya hal ini lebih halus dari itu. Di Amerika, perusahaan-perusahaan besar mendanai anggota kongres dan kampanye pemilu. Ada stiker populer di Washington, ‘Berinvestasilah di Amerika, belilah Anggota Kongres’. Jadi bisa dibilang perusahaan-perusahaan besar mengendalikan bagaimanapun juga. Ancaman terbesarnya adalah kekuatan besar mana pun akan mengambil alih Internet.”

Salah satu idenya adalah Internet yang “terdesentralisasi” – sebuah jaringan dimana tidak ada seorang pun yang memiliki kendali penuh dan percaya bahwa monopoli itu berbahaya. Ia juga mewaspadai banyaknya data pribadi dan informasi yang dibagikan orang secara online, dan bagaimana Web telah disalahgunakan oleh perusahaan.

Dia juga mengatakan dampak berita palsu semakin mengkhawatirkan dan telah mengumumkan rencana untuk mengatasi iklan politik yang “tidak etis” dan pengambilan data.

Kutipan Tim Berners-Lee terbaik

“Ada orang-orang yang bekerja di laboratorium mencoba membayangkan bagaimana Web bisa berbeda. Bagaimana masyarakat di Web bisa terlihat berbeda. Apa yang bisa terjadi jika kita memberikan privasi kepada orang-orang dan memberikan kontrol atas data mereka? Kami sedang membangun ekosistem secara keseluruhan.” – Wawancara dengan Vanity Fair

“Data adalah hal yang berharga dan akan bertahan lebih lama dibandingkan sistem itu sendiri.” – Kerangka untuk Ilmu Web

“Web bukanlah ‘benda’ fisik yang ada di ‘tempat’ tertentu. Web adalah ‘ruang’ di mana informasi bisa ada.”

“Ide awal web adalah bahwa web harus menjadi ruang kolaboratif di mana Anda dapat berkomunikasi melalui berbagi informasi.”

“Fakta bahwa kita semua terhubung, fakta bahwa kita mempunyai ruang informasi – memang mengubah parameter. Ini mengubah cara orang hidup dan bekerja. Ini mengubah banyak hal baik dan buruk. Tapi menurut saya, secara umum , jelas bahwa sebagian besar hal buruk berasal dari kesalahpahaman, dan komunikasi pada umumnya merupakan cara untuk menyelesaikan kesalahpahaman — dan Web adalah salah satu bentuk komunikasinya — jadi secara umum komunikasi tersebut seharusnya baik… Kita perlu melihat ke seluruh masyarakat dan berpikir, “Apakah kita benar-benar memikirkan apa yang kita lakukan saat kita melangkah maju, dan apakah kita melestarikan nilai-nilai penting yang kita miliki dalam masyarakat? Apakah kita menjaganya tetap demokratis, terbuka, dan seterusnya?” – Wawancara dengan developerWorks

“Saat saya menemukan web, saya tidak perlu meminta izin siapa pun. Sekarang, ratusan juta orang menggunakannya dengan bebas. Saya khawatir hal ini akan berakhir di AS. … Demokrasi bergantung pada kebebasan berpendapat. ” – Berners-Lee T., Netralitas Bersih: Ini Serius

“Kami menunjukkan bahwa Web telah gagal, bukannya melayani kemanusiaan, seperti yang seharusnya terjadi, dan gagal di banyak tempat” – Wawancara dengan Vanity Fair

“Ancaman terbesar adalah kekuatan besar mana pun yang akan mengambil alih Internet.” – Standar Malam

Kekuatan Web terletak pada universalitasnya. Akses oleh semua orang tanpa memandang disabilitas merupakan aspek yang penting. – W3.org

Bacajuga::https://synapsetechnologiesinc.com/ekonomi-syariah-dalam-perekonomian-global/

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *