Jakarta Bank of England buka suara terkait perekonomian Inggris yang dilanda resesi pada kuartal terakhir 2023. Seperti diketahui, Inggris mengalami resesi setelah kontraksi ekonomi 0,3 persen di kuartal keempat 2023.

Mengutip The Guardian, Jumat (23/2/2024) Gubernur Bank of England, Andrew Bailey mengatakan bahwa Inggris segera melihat tanda-tanda pemulihan dari resesi ringan, dan akan menerima dorongan ketika suku bunga mulai diturunkan akhir tahun ini.

Bailey pun memastikan penurunan suku bunga BoE akan segera terjadi.

“Tidak perlu inflasi kembali ke target sebelum kita menurunkan suku bunga,” kata Bailey, menyusul tekanan dari anggota komite keuangan Konservatif untuk menanggapi berita bahwa Inggris jatuh ke dalam resesi pada paruh kedua tahun 2023.

Menurut Bailey, Inggris mengalami resesi agen sbobet yang sangat kecil dibandingkan krisis sebelumnya.

Kontraksi Ekonomi Inggris
Dijelaskan, kontraksi pada ekonomi Inggris selama dua kuartal 2023 lalu hanya menambah penurunan PDB sebesar 0,5 persen.

“Jika Anda melihat resesi yang terjadi pada tahun 1970an, ini adalah resesi yang paling kecil,” jelasnya.

Kisaran resesi sebelumnya adalah kontraksi ekonomi antara 2,5 persen dan 22 persen selama dua kuartal, tambahnya.

Meski tingkat inflasi tahunan Inggris masih berada di angka 4 persen, Bailey memperkirakan inflasi akan kembali ke target 2 persen untuk sementara waktu dalam beberapa bulan ke depan sebelum naik menjadi 2,75 persen pada akhir 2024.

Goldman Sachs Proyeksi BoE Turunkan Suku Bunga di Bulan Juni

Pada hari Selasa (20/2), Goldman Sachs memperkirakan penurunan suku bunga pertama Inggris akan dilakukan pada bulan Juni mendatang.

Sebelumnya mereka memperkirakan penurunan akan terjadi pada bulan Mei.

Menanggapi proyeksi tersebut, Bailey mengatakan: “Saya merasa nyaman dengan profil suku bunga yang mengalami pemotongan. Yang tidak saya maksudkan adalah berapa banyak dan kapan pemotongannya akan dilakukan.”

“Kami belum sampai di sana,” katanya.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *