ekonomi pembangunan

Perekonomian merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam kehidupan. Tak heran, jika banyak bidang studi ekonomi yang menjadi pilihan untuk berkuliah. Hal ini karena lulusannya yang selalu dibutuhkan.

Salah satu bidang studi ekonomi yang populer adalah jurusan ekonomi pembangunan. Jurusan ini mempersiapkan mahasiswanya untuk menjadi perencana bidang pembangunan ekonomi yang tentunya juga turut berperan dalam pembangunan negara dan berkontribusi untuk terciptanya kesejahteraan bersama.

Tertarik kuliah di jurusan ekonomi pembangunan? Simak informasi lengkap mengenai jurusan ekonomi pembangunan mulai dari pengertian hingga rekomendasi kampusnya di artikel berikut!

Apa itu Jurusan Ekonomi Pembangunan?

Jurusan ekonomi pembangunan adalah salah satu bagian ilmu dari ilmu ekonomi yang secara spesifik mempelajari mengenai pembangunan, baik yang sudah, sedang dilaksanakan, ataupun baru direncanakan. Pembangunan yang dimaksud di sini adalah pembangunan yang mencakup bidang industri, perbankan, keuangan, hingga bisnis.

Umumnya, mahasiswa yang mempelajari jurusan ekonomi pembangunan, dirancang untuk menjadi seorang perencana yang bisa diandalkan dalam bidang pembangunan ekonomi, sehingga kiprahnya di bidang pembangunan ekonomi ini akan mampu meningkatkan dan menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Ekonomi Pembangunan?

Jurusan ekonomi pembangunan ini berfokus pada bidang ekonomi, terutama dalam hal melakukan proses analisa. Di dalam jurusan ini kamu bakal belajar tentang berbagai persoalan tentang ekonomi secara kritis, kreatif, serta inovatif.

Tak hanya itu, di jurusan ekonomi pembangunan kamu juga akan belajar berbagai perencanaan ekonomi yang lebih mendalam. Apalagi terkait isu perekonomian yang ada, jurusan ini sangat terdepan dalam mengatasinya.

Beberapa materi dan mata kuliah yang akan kamu temui pada jurusan ekonomi pembangunan antara lain:

  • Pengantar bisnis
  • Pengantar akuntansi
  • Teori Ekonomi Mikro
  • Teori Ekonomi Makro
  • Manajemen perbankan
  • Valuasi korporat
  • Ekonomi internasional
  • Ekonometrika
  • Sistem keuangan
  • Matematika ekonomi dan keuangan
  • Pengantar ekonomi mikro
  • dll.

Kenapa Kamu Harus Kuliah di Jurusan Ekonomi Pembangunan?

1. Berperan Penting Dalam Dunia Bisnis

Alasan pertama kenapa kamu harus memilih jurusan ekonomi pembangunan adalah karena jurusan ini memiliki peran yang sangat penting dalam dunia usaha dan bisnis. Berbagai ilmu yang dipelajari di jurusan ini akan memberikan kemudahan dalam memecahkan masalah perekonomian.

Hal ini membuat lulusannya diharapkan bisa menciptakan sebuah solusi terhadap semua masalah perekonomian tersebut agar kondisi perekonomian membaik dan pertumbuhan dunia usaha semakin subur dan masyarakat pun semakin makmur.

2. Ilmu yang Fleksibel

Ilmu ekonomi pembangunan merupakan salah satu ilmu yang bisa dibilang fleksibel. Artinya, kamu tidak hanya bisa mengaplikasikan ilmunya di perusahaan saja. Namun kamu juga dapat menggunakan ilmu tersebut untuk membuka usaha sendiri alias berwirausaha.

Dengan bekal ilmu yang kamu dapat di jurusan ekonomi pembangunan, akan memudahkan kamu untuk mengatur serta mengelola modal bisnis. Bahkan juga akan memudahkan kamu dalam menghitung akuntansi dalam mengelola laba dan ruginya

3. Ilmu yang Adaptif terhadap Zaman

Selain fleksibel, jurusan ekonomi pembangunan juga memiliki ilmu yang sangat adaptif. Hal ini karena perekonomian akan terus berputar sampai kapanpun. Sehingga ilmu yang didapatkan di jurusan ini akan selalu dibutuhkan. Tidak peduli beberapa dekade maupun beberapa abad mendatang, ilmu yang dipelajari disini akan ikut berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.

4. Salah Satu Jurusan Populer

Jurusan ekonomi pembangunan merupakan salah satu jurusan yang populer karena dapat dengan mudah kita jumpai di berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Kamu tinggal memilih kampus impian kamu untuk melanjutkan kuliah di jurusan ini.

5. Memiliki Peluang Karir yang Luas

Lulusan jurusan ekonomi pembangunan merupakan salah satu lulusan yang paling banyak dibutuhkan. Hampir semua perusahaan di berbagai bidang membutuhkan lulusan dari jurusan satu ini.

Hal ini karena lulusan ini membantu perusahaan dalam menentukan solusi terbaik saat menghadapi masalah. Ada banyak profesi atau jabatan yang bisa ditekuni di sejumlah perusahaan.

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan

1. Aktuaris

Prospek karir pertama untuk lulusan jurusan ekonomi pembangunan adalah menjadi seorang aktuaris. Aktuaris merupakan profesi yang bertugas untuk membuat rancangan tentang produk asuransi serta premi yang polis bayarkan, menetapkan status keuangan, dan melakukan proyeksi terhadap keuangan perusahaan dalam jangka pendek, menengah, serta panjang. Profesi ini cukup diminati apalagi kebutuhan asuransi semakin meningkat di era modern

2. Analis Bisnis

Banyak orang yang mungkin mengira profesi ini hanya bisa untuk para lulusan manajemen saja. Namun ternyata lulusan jurusan ekonomi pembangunan pun bisa berkarir sebagai analis bisnis.

Sebagai seorang analis bisnis kamu akan bertugas untuk melakukan sejumlah analisis, terutama terhadap perilaku konsumen dalam membeli barang. Hasil dari analisis ini akan digunakan untuk meningkatkan mutu dan kualitas perusahaan.

3. Analis Kredit

Jika kamu tertarik dengan aktivitas yang berhubungan dengan analis laporan keuangan dan inventaris perusahaan, kamu bisa melirik profesi ini. Selain tugas utama tadi, kamu juga akan menilai sekaligus membuat pedoman tentang kelayakan kredit untuk nasabah yang ingin meminjam dalam jumlah besar. Meskipun kelihatannya rumit, tapi profesi ini cukup menyenangkan.

4. Staf Penelitian dan Pengembangan

Jika kamu suka dengan pekerjaan yang berbau penelitian, maka profesi ini cocok untukmu. Profesi ini bertugas untuk melakukan serangkaian penelitian dan perkembangan demi kemajuan perusahaan. Hasil penelitian dan pengembangan ini biasanya digunakan untuk tujuan jangka panjang suatu perusahaan.

5. Dosen

Prospek kerja lulusan jurusan ekonomi pembangunan terakhir adalah seorang dosen. Profesi satu ini, cocok untuk kamu yang punya ketertarikan dalam dunia pendidikan dan dunia mengajar.

Tugas dan tanggung jawabnya sama persis seperti dosen yang mengajar di bangku kuliah dulu. Dosen juga memiliki jenjang karier, yang akan dinilai dari golongan berdasarkan pendidikan, jumlah penelitian, dan lama mengajar.

Rekomendasi Kampus dengan Jurusan Ekonomi Pembangunan Terbaik

1. Universitas Negeri Semarang

Jurusan Ekonomi Pembangunan merupakan jurusan yang semula di bawah Jurusan Ekonomi Fakultas Ilmu sosial yang telah terakreditasi A. Seiring dengan berkembangnya Jurusan Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi, maka prodi Ekonomi Pembangunan bernaung di bawah Jurusan Ekonomi Pembangunan.

Prodi ini bertujuan untuk mencetak sarjana ekonomi yang mampu untuk bekerja di bidang perencanaan pembangunan daerah maupun nasional, ekonomi pertanian, ekonomi kelautan, perbankan dan pemerintah daerah.

Kurikulum Jurusan Ekonomi Pembangunan dirancang dengan masa studi selama 8 semester. Syarat minimal beban SKS mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa sejumlah 144 SKS, yang terdiri dari mata kuliah wajib, mata kuliah pilihan wajib dan mata kuliah pilihan (konsentrasi).

2. Universitas Islam Bandung

Jurusan Ekonomi Pembangunan UNISBA merupakan bagian dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisba, dan telah terakreditasi B. Jurusan Ekonomi Pembangunan memiliki kekhasan yaitu sudah menginternalisasi nilai-nilai Islam dalam Kurikulumnya dan ini menjadi penciri dari Prodi Ekonomi Pembangunan Unisba.

Saat ini, jurusan Ekonomi Pembangunan sudah menerapkan kurikulum KKNI yang menawarkan 4 profil lulusan yaitu sebagai Peneliti Ekonomi dan Keuangan Islam, Pendamping Pembangunan, Analis Pembiayaan pada Lembaga Keuangan Islam dan Kewirausahaan.

Saatnya Berkuliah di Jurusan Ekonomi Pembangunan dengan Danacita

Setelah mengetahui penjelasan seputar jurusan ekonomi pembangunan dan rekomendasi kampus terbaik, kini saatnya kamu mewujudkan mimpi kamu untuk berkuliah di jurusan ini lewat Danacita.

Danacita merupakan perusahaan financial technology (fintech) yang menyediakan pembiayaan pendidikan secara bertahap untuk mahasiswa perguruan tinggi serta peserta pelatihan. Platform ini hadir untuk membantu biaya pendidikan agar lebih terjangkau dengan pembiayaan pendidikan terjangkau dan menjadi jembatan untuk kebutuhan biaya pendidikan di Indonesia.

Saat ini, Danacita telah bekerjasama dengan UNNES dan UNISBA serta lembaga pendidikan lainnya untuk memberikan pembiayaan untuk kamu, dengan tenor 6 hingga 24 bulan.

Syarat untuk mendapatkan bantuan biaya sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK serta tersertifikasi ISO 27001.

Ekonomi Pembangunan merupakan salah satu cabang ilmu Ekonomi yang khusus mengkaji persoalan-persoalan pembangunan baik itu dari sektor bisnis, keuangan, ataupun perbankan. Dan jika kamu berminat untuk kuliah di jurusan ekonomi pembangunan, kamu akan berkutat dengan analisa berbagai isu perekonomian untuk mencari dan menemukan solusi dari berbagai persoalan ekonomi secara kritis, kreatif, dan inovatif. Menarik banget kan? Di program studi ini, kamu dipersiapkan menjadi perencana bidang pembangunan ekonomi yang tentunya juga turut berperan dalam pembangunan negara dan berkontribusi untuk terciptanya kesejahteraan bersama.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *