penghambat mobilitas sosial
Alasan mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial agen sbobet tentu menjadi pertanyaan banyak orang. Namun, sebelum mengetahui penjelasannya, simak lebih dulu pengertian atau definisi mobilitas sosial. Secara sederhana mobilitas atau gerak sosial dapat diartikan sebagai perubahan maupun pergeseran status sosial baik turun atau naik.
Dengan kata lain, perubahan yang terjadi bisa berupa peningkatan atau penurunan status seseorang. Lantas, mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial? Berikut penjelasannya.

Penjelasan Mengapa Faktor Ekonomi Menjadi Penghambat Mobilitas Sosial

Ada alasan mendasar mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial. Disebutkan dalam iainkudus.ac.id, mobilitas sosial merupakan gerakan dalam masyarakat baik itu pergeseran, penurunan, atau kenaikan status sosial.
Dapat pula dikatakan berpindahnya posisi individu maupun kelompok dari suatu lapisan ke lapisan lainnya. Faktor ekonomi dapat menjadi penghambat mobilitas sosial karena ekonomi yang tidak stabil bahkan buruk menyebabkan seseorang kesulitan memperoleh pendidikan layak, pelatihan, sampai modal untuk membuka usaha.
Bekal pengetahuan dan pengalaman tersebut dibutuhkan guna mendapatkan pekerjaan terbaik atau memulai usaha guna melakukan mobilitas sosial. Kondisi ekonomi bisa memicu orang melakukan mobilitas sosial.
Ekonomi yang sehat membuat seseorang mampu mengenyam pendidikan tinggi bahkan mendapatkan modal sehingga kedudukan maupun posisinya meningkat. Sementara itu, ada faktor lain yang menjadi penghambat mobilitas sosial seperti di bawah ini.

1. Diskriminasi Kelas

Faktor penghalang mobilitas sosial lainnya adalah adanya diskriminasi kelas yang tidak memungkinkan seseorang untuk masuk sebagai anggota suatu organisasi dengan berbagai ketentuan yang dibuat.
Tujuannya tak lain untuk membatasi anggota yang masuk. Inilah yang menghambat perpindahan status seseorang di masyarakat.

2. Kebudayaan

Kebudayaan tradisional menghambat terjadinya mobilitas sosial. Sebaliknya, orang-orang modern yang didukung kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi justru membuka kesempatan agar terjadi mobilitas sosial di masyarakat.

3. Jenis Kelamin

Perbedaan jenis kelamin rupanya mempengaruhi peningkatan status sosial seseorang di masyarakat. Umumnya posisi pria lebih tinggi dibanding wanita. Dengan demikian, jenis kelamin pun termasuk penghambat mobilitas sosial.

4. Sosialisasi

Mobilitas sosial dapat terhambat akibat sosialisasi yang kuat di masyarakat, khususnya yang berhubungan dengan nilai serta adat yang berlaku.
Sebagai contoh, suatu kelompok masyarakat yang terisolasi akan sulit menerima perubahan dari luar atau sangat kecil kemungkinan terwujudnya mobilitas sosial.
Demikian mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial yang perlu diketahui. Selain keadaan ekonomi dan beberapa faktor di atas, agama dan ras juga bisa menjadi penghalang terjadinya mobilitas sosial sebab seseorang tak dapat berpindah agama sesuai keinginan.

Alasan mengapa faktor ekonomi menjadi faktor penghambat mobilitas sosial adalah karena kondisi ekonomi yang buruk akan membuat seseorang atau kelompok akan kesulitan untuk mendapat pendidikan, keterampilan, serta uang sebagai modal untuk memulai sebuah usaha.

Keadaan ekonomi yang baik tentu akan memudahkan setiap individu dan kelompok untuk melakukan mobilitas sosial. Masyarakat yang kondisi ekonominya baik, cenderung lebih mudah untuk melakukan mobilitas sosial. Dengan kondisi ekonomi yang baik mereka akan mudah untuk memperoleh modal, pendidikan, dan kesempatan yang lainnya.

Pembahasan :

Faktor ekonomi dapat menjadi penghambat mobilitas sosial karena saat kondisi ekonomi yang buruk akan membuat seseorang kesulitan untuk mendapatkan sebuah pendidikan, pelatihan, atau modal usaha. Hal tersebut diperlukan untuk dapat memperoleh pekerjaan yang baik atau memulai usaha untuk mencapai mobilitas sosial.

Keadaan ekonomi yang baik tentu akan memudahkan setiap individu dan kelompok untuk melakukan mobilitas sosial. Masyarakat yang kondisi ekonominya baik, cenderung lebih mudah untuk melakukan mobilitas sosial. Dengan kondisi ekonomi yang baik mereka akan mudah untuk memperoleh modal, pendidikan, dan kesempatan yang lainnya.

Faktor penghambat mobilitas sosial :

  1. Sistem lapisan sosial masyarakat yang tertutup. Sistem pelapisan sosial tertutup dalam masyarakat akan menjadi penghambat individu untuk melakukan mobilitas sosial naik.
  2. Kemiskinan. Kemiskinan dapat membatasi pada mobilitas sosial.
  3. Kebudayaan masyarakat.

Baca Juga : https://synapsetechnologiesinc.com/pengertian-motif-ekonomi/

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *