bulu tangkis indonesia

PP PBSI merilis skuad bulutangkis yang akan berlaga di SEA Games 2023. PBSI menggabungkan pemain senior dan junior di ajang ini.

SEA Games 2023 akan digelar pada 5-17 Mei di Phnom Penh, Kamboja. Cabang olahraga bulutangkis akan dimainkan di Badminton Hall Morodok Techo pada 8-16 Mei.

PBSI menurunkan masing-masing 10 pemain putra dan putri sbobet di SEA Games 2023. PBSI harus membagi kekuatan dengan Piala Sudirman yang akan berlangsung pada 14-21 Mei di Suzhou, China.

Dari nomor tunggal putra, Chico Aura Dwi Wardoyo dan Shesar Hiren Rhustavito akan jadi ujung tombak. Mereka didampingi dua pemain muda, Christian Adinata dan Alwi Farhan.

Sementara itu, ganda putra mengandalkan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan. Sementara di ganda putri, Indonesia menurunkan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi dan Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari.

Tunggal putri menurunkan empat pemain muda di SEA Games 2023. Sementara ganda campuran mengandalkan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela.

Skuad Indonesia di SEA Games 2023

Tunggal Putra

1. Chico Aura Dwi Wardoyo
2. Shesar Hiren Rhustavito
3. Christian Adinata
4. Alwi Farhan

Tunggal Putri

1. Komang Ayu Cahya Dewi
2. Ester Nurumi Tri Wardoyo
3. Stephanie Widjaja
4. Mutiara Ayu Puspitasari

Ganda Putra

1. Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri
2. Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan

Ganda Putri

1. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi
2. Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari

Ganda Campuran

1. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati
2. Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela

Vitoria: Tim nasional para-bulu tangkis Indonesia meraih prestasi bagus dalam turnamen Spanish Para Badminton International 2023. Dalam ajang yang berlangsung di Vitoria pada 20-26 Februari itu diikuti oleh 46 negara dengan total 320 peserta. Hasilnya timnas para-bulu tangkis Indonesia mampu meraih tujuh medali emas dan dua perunggu.

Keberhasilan para-bulu tangkis Indonesia sangat membanggakan karena dalam tujuh ketegori yang berlaga di babak final pada Minggu (26/2), semuanya mampu dituntaskan dengan kemenangan.

Ganda campuran baru kategori SL3-SU5, Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila sukses merebut medali emas setelah mengalahkan pasangan India, Chirag Baretha/Mandeep Kaur Mandeep Kaur, 21-11 21-12.

Emas kedua dipersembahkan oleh ganda campuran SH 6, Subhan/Rina Marlina yang mengalahkan pasangan Thailand, Natthapong Meechai/Chai Saeyang 21-8 21-12.

Tunggal putra SU5, Dheva Anrimusthi menang atas pemain Malaysia, Cheah Liek Hou 21-11 17-21 dan 21-17 serta Syakuroh Qonitah Ikhtiar menumbangkan Oksana Kozyna dari Ukraina 21-9 21-14 untuk merebut emas tunggal putri SL3.

Tunggal putri SH6, Rina Marlina mengalahkan Nithya Sre Sumathy Sivan (India) 21-8 21-14 sekaligus merebut medali emas keduanya di turnamen ini, serta diikuti sumbangan gelar juara dari Leani Ratri Oktila di tunggal putri SL4 setelah bertarung tiga gim melawan pemain Jepang, Haruka Fujino 21-11 14-21 21-13.

Ratri menambah koleksi tiga medali emasnya di ajang BWF Para Badminton International Level 2 ini setelah mampu menang di ganda putri SL3-SU5 saat berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah/ Ratri/ Khalim menang mudah atas pasangan India, Manasi Girishchandra JOshi/Shanthiya Viswanathan 21-9 21-9.

“Saya sangat puas dengan hasil yang saya raih di turnamen ini karena saya mampu meraih tiga emas pada tiga nomor yang saya ikuti yakni tunggal putri, ganda putri dan ganda campuran. Turnamen ini sangat berat karena diikuti oleh pemain dari Jepang dan Prancis,” kata Ratri.

Bertanding di tempat yang bersuhu dingin menjadi tantangan tersendiri bagi Subhan. “Saya tampil di tiga nomor dan sangat puas dengan hasil yang diraih di sini. Semua lawan berat dan tantangan semakin berat karena kami harus bertanding dalam suhu dingin,” jelas Subhan.

Dengan berkekuatan 10 pemain dan mampu meraih 7 medali emas, hasil itu tentu menjadi langkah awal yang bagus bagi para-bulu tangkis Indonesia dalam mengejar tiket menuju Paralimpiade Paris 2024.

“Turnamen ini sangat diminati oleh semua negara karena menjadi ajang pertama dalam mengejar poin menuju Paralimpiade Paris 2024. Kami puas dengan hasil yang diraih oleh tim meskipun pemain harus bertanding dalam cuaca yang dingin,” ucap Jarot Hernowo, koordinator tim para-bulu tangkis Indonesia.

Setelah tampil di Spanish Para Badminton International 2023 yang merupakan turnamen BWF Para Badminton International Level 2, selanjutnya tim para-bulu tangkis Indonesia akan meneruskan perjuangan di Spanish Para Badminton International Toledo 2023 (BWF Para Badminton International Level 1) yang akan diadakan di Toledo, Spanyol pada 1-5 Maret 2023.

Baca Juga : https://synapsetechnologiesinc.com/teknologi-informasi-pengertian-fungsi-tujuan-dan-manfaat-teknologi-informasi/

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *