Hoaks yang beredar di media sosial kian beraneka, isu bohong tersebut harus diwaspadai karena dapat menimbulkan dampak negatif bila diandalkan.

Untuk mempermudah masyarakat mengenali hoaks yang beredar di tengah masyarakat, Cek Fakta malahan sudah mengungkap sejumlah hoaks yang beredar di media sosial.

1. Bumi Alami Radiasi Pancaran Paling Tinggi Sinar Kosmik

Cek Fakta mendapati klaim bumi mengalami radiasi pancaran paling tinggi cahaya kosmik, isu tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 5 Mei 2024.

Klaim bumi mengalami radiasi pancaran paling tinggi cahaya kosmik berupa artikel sebagai berikut.

“Malam ini antara jam 00.30 pagi sampai 03.30pagi pastikan off telepon seluler, laptop dan sebagainya dan jauhkn dr badan anda. Kaca Singapore tlh mengumumkan TV tersebut. Tlng beritahu keluarga dan sahabat2 anda.

Malam ini antara jam 00.30 pagi sampai 03.30 pagi bumi kita akan menghadapi slot demo mahjong ways 2 radiasi yg paling tinggi.Pancaran cahaya Cosmic akan melintasi dekat dgn bumi. Oleh itu off telepon seluler dan sebagainya dan jauhkn dr badan anda sbb akn menyebabkan kita dan sebagainya efek radiasi yg mendapat….

Boleh lihat di google dan NASA dan TV BBC. Bagikan pesan ini kpd org2 lain yg penting bagi keluarga, Sahabat,Sahabat,dan juga teman-istri anda. Anda blh menyelamatkan nyawa banyak orang dengan buah hati demikian…Semoga berbuat. Amiin…”

Benarkah klaim bumi mengalami radiasi pancaran paling tinggi cahaya kosmik? Simak hasil cahaya Cek Fakta dalam halaman berikut ini……

 

2. Pernyataan BMKG Soal Waspada Tsunami Sumatera 2024

Kabar isu adanya tsunami di Sumatera pada 2024 beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 19 April 2024.

Akun Facebook tersebut tersebut video berisi narasi bahwa tsunami bakal terjadi di Sumatera pada 2024. Berisi narasinya.

Kepala Sentra Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, menegaskan bahwa Sesar Sumatera berpotensi terjadinya gempa darat.

Pada perayaan Hari Meteorologi Dunia Ke-74, sentra mengingatkan kembali bahwa Sesar Sumatera ini aku, dan ada ancaman terdapat sumber gempa di darat,” kata Kepala Sentra Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono di Pasaman, Minggu (24/3/2024).

Rahmat minggu bahwa gempa darat membeberkan tak senantiasa magnitudo besar untuk menimbulkan dampak yang signifikan. Pun, gempa dengan magnitudo 6 saja malahan dapat menyebabkan kerusakan yang cukup serius.

Dengan adanya peringatan ini, dapat kesadaran dan kewaspadaan masyarakat serta pemerintah diinginkan daerah potensi bahaya gempa dari darat dapat ditingkatkan, sehingga langkah-langkah mitigasi yang dapat dapat diimplementasikan untuk mengurangi risiko dapat.

Akun Facebook tersebut kemudian tersebut, masyarakat untuk mewaspadai gempa darat yang berpotensi tsunami di Sumatera pada 2024.

“Waspada Akan Terjadi Gempa Darat Kecuali Akan Berpotensi Sunami Di Sumatera Pada Tahun 2024 đŸ˜±,” tulis salah satu akun Facebook.

Benarkah penelusuran isu adanya tsunami di Sumatera pada 2024? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini…..

 

3. Putri Raja Yordania Jatuhkan 6 Drone Iran

Cek Fakta mendapati klaim Putri Raja Yordania jatuhkan 6 drone Iran, isu tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 15 April 2024.

Klaim Putri Raja Yordania jatuhkan 6 drone Iran berupa tangkapan layar judul tersebut bertuliskan.

“Princess Salma of Jordan reproted to down 6 iranian drones overnight”

Dalam tangkapan layar tersebut juga terdapat artikel “EMIRATES WOMAN”. Berikutnya itu juga mencantumlan waktu muat tersebut pada 14 April 2024 dan nama penulis RUMAN BAIG.

Tangkapan layar tersebut tersebut keterangan sebagai berikut.

Hoaks Ucap
4. Video Wawancara Cristiano Ronaldo Komentar Soal Penampilan Marselino Ferdinan

Beredar di media sosial postingan video Cristiano Ronaldo mengomentari gaya bermain pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan. Postingan itu beredar berikutnya akhir semenjak lalu.

Salah satu akun ada yang minggu di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 5 Mei 2024.

Dalam postingannya terdapat rekaman video Ronaldo diwawancara dengan mengunggahnya sebagai berikut:

“Sehebat terjemahan anda, anda harus harus bermain secara dapat. Anda membeberkan harus dapat hanya mencetak gol sendiri berkeinginan bila anda dapat hanya buang”

Akun itu menambahkan narasi “Cristiano Ronaldo Marselino Sok pemain bintang dan katakan hal ini”

Lalu benarkah postingan video Cristiano Ronaldo mengomentari gaya bermain pemain Timnas Indonesia.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *