Fatin Shidqia Ungkap Makna Mendalam Lagu Jangan Tersesat, Sayang

Penyanyi, Fatin Shidqia merilis lagu terakhir berjudul Jangan Tersesat, Sayang menjelang akhir tahun 2023. Lagu ini menandakan pengalaman yang begitu istimewa bagi Fatin.

Kembali turun tangan sebagai penulis lagunya, Fatin, untuk pertama kalinya, didampingi oleh penulis lagu dan produser musik kawakan Bianca Nelwan dan Dimas Wibisana. Mereka berdua, tergabung menjadi satu kesatuan bernama BIANCADIMAS, pernah bekerja mirip bersama para musisi pop paling produktif di industri layaknya Suara Kayu, Syifa Hadju, dan Prinsa Mandagie.

“Lagu ini terlalu serba ‘pertama’ bikin aku,” kata Fatin di dalam siaran pers. “Ini kali pertama aku menciptakan karya yang fokusnya adalah self-love. Kemudian, ini kali pertama aku bekerja mirip bersama Bianca Nelwan dan Dimas Wibisana. Terakhir, aku menilai ini kali pertama aku menggarap sebuah karya yang sifatnya ‘fleksibel’. Aku rasa para pendengar lagu ‘Jangan Tersesat, Sayang’ ini dapat mengetahui emosi yang disampaikan oleh lagu ini lepas berasal dari di mana mereka sekarang di dalam perjalanan hidup mereka.”

Makna Mendalam Lagu Jangan Tersesat, Sayang Milik Fatin

Balada pop yang berdurasi 4 menit dan 15 detik ini dikemas sebagai sabda cinta Parlay dan kebajikan berasal dari Fatin untuk seseorang (atau sesuatu) yang sangatlah penting di dalam hidupnya: “Jangan tersesat, sayang / Ingat s’lalu jalur pulang / Jangan tersesat, sayang / Ingat aku sang cemerlang / Jalan kami masih panjang menjelang / Jangan tersesat, sayang”

Kata “perjalanan” pun menjadi esensi emosi untuk lagu Jangan Tersesat, Sayang. Ketika pertama kali didengar, barangkali biasanya pendengar dapat menginterpretasikan lagu terakhir Fatin ini sebagai ungkap harapan bagi sang kekasih yang terpisah jarak. Akan tetapi, Fatin mengatakan bahwa terkandung makna yang lebih mendalam yang lirik lagu berikut siratkan. Seringkali, justru bukanlah sang kekasih yang dipisahkan oleh jarak, melainkan hati dan jiwa kami sendiri, yang barangkali sedang mengembara lebih jauh berasal dari yang kami duga.

“Hidup telah mengajarkan aku bahwa ada kalanya, segala macam kegiatan dan kepenatan yang kami hadapi di dunia jadi menyebabkan hati dan jiwa kami jadi ‘jauh’ berasal dari diri kami sendiri,” ungkap musisi pemenang AMI Awards tersebut.

“Selalu ada momen saat kami jadi lupa dapat obyek hidup kami dan apa yang sesungguhnya penting di dalam hidup kita. Di mata aku, lagu ‘Jangan Tersesat, Sayang’ menjadi pengingat hangat bagi diriku sendiri, dan seluruh orang yang mendengarkan bahwa, apapun itu perjalanan hidup kita, jangan hingga kepenatan dan rasa penat menyebabkan kami menjadi kehilangan arah,” kata Fatin.

Karya Baru Fatin Setelah Lebih berasal dari 1 Dekade Berkarya

Lagu Jangan Tersesat, Sayang sebagai sebuah rapsodi yang turut merangkum keseluruhan perjalanan berkarya Fatin, khususnya, semenjak dia menggebrak industri musik Indonesia berkat kemenangannya di ajang pencarian bakat X Factor Indonesia terhadap 2012 silam.

“Tidak jadi bahwa perjalananku di dalam berkarya telah menembus satu dekade,” ujar Fatin. “Meskipun aku telah berkarier satu dekade lamanya, aku juga mengetahui bahwa perjalananku masih sangatlah panjang.”

Dalam lagu ini, Fatin sengaja menyisipkan secuil shout-out untuk sebagian karya wahid yang pernah dilahirkannya layaknya Jingga dan Dia Dia Dia. “Sepanjang penggarapan lagu terbaruku ini, aku miliki permohonan untuk mengimbuhkan semacam rekognisi untuk seluruh perihal yang telah aku ciptakan. Terlebih, lagu-laguku yang terdahulu layaknya ‘Jingga’ dan ‘Dia Dia Dia’ dapat senantiasa miliki daerah khusus di hati aku,” katanya.

Lagu Jangan Tersesat, Sayang oleh Fatin dirilis di bawah naungan label Sony Music Entertainment Indonesia dan dapat didengarkan di seluruh digital streaming platform (DSP) terhadap 30 November 2023.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *