Analisis

Analisis sentimen kepada media isu daring berbanding lurus dengan respons warga Twitter atau X. Sesudah mencocokkan isu daring yang dijadikan oleh media dengan angka konsumen paling tinggi, dengan respons masyarakat kepada isu nasional paling populer, ditemukan bahwa terdapat kesamaan sentimen diantara keduanya.

Demikian, hasil penelitian yang dikerjakan oleh Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam Hibah Riset Big Data Afan Gaffar Awards yang diselenggarakan oleh Departemen Politik dan Pemerintahan Universitas Gadjah Mada (UGM). Terdapat tiga mahasiswa yang tergabung dalam penelitian ini, Rahma Kintara dan Jasmine Hasna (mahasiswa Departemen Politik dan Pemerintahan Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Politik/DPP, Fisipol), dan Muhammad Itqon Alexander (mahasiswa Teknik Fisika Fakultas Teknik).

“Media isu daring memiliki jaringan paling spaceman pragmatic besar dalam hasil visualisasi analisa big data, artinya Analisis ada banyak yang me-retweet isu-isu dari media tersebut”, Jelas Alex

“Sementara itu, dikala media paling populer disandingkan dengan isu paling populer di tahun yang sama, terdapat jaringan yang terkoneksi dengan hasil analisa sentimen yang sama, sentimen negatif.” Tambah Jasmine

Penelitian ini dikerjakan dengan melaksanakan crawling data di platform Twitter atau X dengan jangka waktu waktu tertentu untuk dapat menjaring seluruh percakapan seputar isu yang dikehendaki peneliti.

Kintara menjelaskan alasan atensi regu dalam membahas topik penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat seputar adanya disinformasi dan manipulasi sehingga dapat lebih kritis dalam mendapatkan isu, juga menunjang media isu daring untuk menjunjung tinggi sopan santun jurnalisme terutamanya semakin meningkatnya konsumsi media daring di Indonesia.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *